Arwen: The Growing Arwen 3

Monday, February 7, 2005

BULAN KETIGA


Tak terasa dua bulan telah berlalu. Memasuki bulan ketiga semua keletihan mulai terbayar :-). 1001 ekspresi wajah dan tingkah laku Arwen membuat hari-hari kami makin berwarna, tak jarang mengundang tawa. Responsnya semakin baik dari hari ke hari. Kami pun semakin giat melakukan stimulasi-stimulasi untuk merangsang perkembangan dan pertumbuhannya.

Setiap ada kesempatan kami berusaha mengajaknya berkomunikasi dan dari mulut kecilnya akan terdengar suara-suara "oooo, aahhh, eehhhh" dengan mata yang berbinar-binar dan senyum yang tak lepas dari bibir mungilnya. Tak jarang Arwen begitu excited saat kami bacakan buku cerita dan bernyanyi-nyanyi. Mimik mukanya seakan berusaha menirukan mimik muka kami. Jam tidurnya mulai berkurang, karena Arwen mulai senang bermain. Jadwal minumnya juga sudah mulai 3 sampai 4 jam sekali. Di malam hari, ia akan tertidur panjang dan akan bangun keesokan paginya.
Secara fisik, ia juga menunjukkan perkembangan yang berarti. Di bulan ketiga ini berat badannya mencapai 4,9 kg dengan tinggi badan 53 cm dan sudah mendapatkan suntikan hepatitis yang ke-2. Perkembangan motoriknya juga terus bertambah baik.
Ia mulai berusaha menggenggam benda yang ada di depannya. Jarak pandang matanya juga semakin jauh, karena ia sudah bisa mengikuti gerak benda dan mencari sumber suara dengan menoleh ke kanan dan ke kiri.
Saat ini, Arwen bukan bayi kecil yang tidak kami mengerti lagi.

Dan tampaknya ia pun sudah mulai dapat beradaptasi dengan kehidupan barunya di dunia. Satu-satunya cara untuk berkomunikasi bukan lagi dengan menangis, tapi melalui ekspresi wajah, suara-suara dan gesture. Kebiasaan baru yang dimilikinya adalah berusaha memasukkan apapun yang ada di dekatnya ke dalam mulut, terutama tangan dan jari-jari tangannya.
Tidur pun tidak harus selalu ditemani lagi. Karena Arwen sudah mulai dapat tidur sendiri, tanpa harus selalu digendong-gendong. Gumohnya juga sudah sangat jauh berkurang, sehingga kami tidak merasa was-was jika harus meninggalkannya tidur sendiri.

Hari-hari tak sempat makan, mandi dan tidur, serta badan pegal-pegal, telah berlalu, tergantikan dengan saat-saat penuh tawa dan kejutan-kejutan baru :-) Dan kami pun semakin menikmati tugas sebagai orangtua baru.

RECOMMENDED WEBSITES
1. www.kidsgrowth.com
2. www.balita-anda.com
3. www.keepkidshealthy.com
4. www.open2.net/childofourtime
5. www.thefamilycorner.com

Original Post

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP